Dalam membuat daftar isi terkadang kita membuatnya secara langsung/manual. Namun cara ini sedikit rumit karena harus menginput sendiri judul, nomor halaman dan pengaturan daftar isi. Selain itu, apabila dalam proses pembuatan skripsi ada terjadi perubahan baik ada penambahan dan pengurangan tentu akan mengubah halaman yang mengakibatkan pengubahan daftar isi yang dilakukan secara manual. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, microsoft word sudah ada tools untuk dilakukan secara otomatis. Nama tools tersebut adalah table of contents.
Kelebihan tools ini yaitu mengatasi masalah-masalah yang dijelaskan di atas. Table of contents ini bisa otomotis membuat daftar isi beserta halamannya. Selain itu, apabila terjadi perubahan bisa mengubah daftar isi yang menjadi lebih baik. Sehingga tidak perlu pusing memikirkan daftar isi, karena yang perlu dipusingkan sebenarnya adalah isinya kan. Caranya juga lebih mudah. Karena bisa dikerjakan saat mengerjakan skripsi. Tips ini daharapkan sudah diketahui sebelum dibuat walaupun terlambat juga tidak masalah, menurut kata bijak “walaupun terlambat asal selamat”.
Ok. Setelah mengetahui keuntungan tools ini tentu saja kita perlu tahu langkah-langkahnya. Yaa masa dah tahu, tapi ga tau caranya. Ya buat apa dong. Sesuai janji tadi di atas akan dibeberkan di bawah ini langkah-langkahnya.
1. Tentukan dulu bab atau sub bab yang akan dimasukkan di daftar isi.
Misalnya: Bab 1 Pendahuluan
1.1 Latar belakang
Dst...
2. Langkah selanjutnya yaitu membuat judul tersebut berdasarkan heading. Caranya blok bab 1 pendahuluan trus cari heading berdasarkan golongan dalam hal ini heading 1 di home terus pilih heading 1 seperti pada gambar dibawah.
3. Langkah yang selajutnya juga sama untuk sub bab yaitu memilih yang heading 2, dan seterusnya apabila punya sub sub bab lain.
Namun, default dalam heading diatas biasanya berbeda dengan format skripsi. Carnya tinggal dimodify sendiri sesuai dengan kebutuhan. Caranya klik kanan heading yang ingin di edit.
4. Hasilnya sebagai berikut. Dan kita bisa edit sesuai kebutuhan.
Setelah persiapan selesai kita tiba pada tahap intinya. Ini boleh dilakukan walaupun bab atau sub bab nya belum selesai semua walaupun Cuma satu. Langkahnya pilih references trus table of contents. Kemudian pilih automatic, seperti gambar berikut.
Hasilnya sebagai berikut.
Apabila ada perubahan tinggal pilih update table seperti gambar dibawah ini.
Semoga Bermanfaat
Regards
0 comments:
Post a Comment